10 Tingkatan Organisasi Kehidupan dalam Ekosistem, Pengertian, Contohnya dan Gambar Lengkap

Kehidupan di bumi memiliki struktur yang sangat terorganisasi, mulai dari tingkat molekul hingga tingkat bioma. Struktur organisasi kehidupan dalam berbagai tingkat dapat dijelaskan sebagai berikut: organisasi tingkat molekul  sel  jaringan  organ  sistem organ  individu  populasi komunitas  ekosistem  biosfer.

1. Tingkat Molekul
Setiap inti sel makhluk hidup memiliki molekul organik yang berperan mengendalikan struktur dan fungsi setiap sel. Inti sel juga membawa informasi genetik yang diturunkan. Molekul organik tersebut adalah DNA (deoxyribonucleic acid = asam deoksiribonukleat). Selain DNA, dalam inti sel juga terdapat RNA (ribonucleic acid= asam ribonukleat) yang berperan dalam mengatur sintesis protein dalam sel. Organisme yang berada dalam tingkatan molekul ini adalah virus.
struktur organisasi kehidupan tingkat molekul
2. Tingkat Sel
Sel merupakan unit kehidupan yang terkecil. Makhluk hidup uniseluler, seperti Protozoa, Bakteri, dan Alga, melangsungkan metabolismenya di dalam sebuah sel. Makhluk hidup multiseluler, seperti tumbuhan dan hewan, disusun oleh bermacam-macam sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda.
struktur organisasi kehidupan tingkat sel
3. Tingkat Jaringan
Sel merupakan kesatuan bentuk kehidupan (teori sel). Di dalam tubuh organisme multiseluler terdapat banyak sel yang berbeda bentuk dan fungsinya. Bentuk dan susunan sel tergantung pada letak dan fungsinya di dalam tubuh. Sel-sel yang sama bentuk dan fungsinya membentuk kelompok yang disebut jaringan. Untuk dapat membentuk suatu jaringan, sel mengalami perubahan bentuk dan fungsinya. Sel-sel yang mengalami perubahan biasanya pada jaringan embrionel, misalnya jaringan meristem pada titik tumbuh suatu tumbuhan membentuk jaringan epidermis, jaringan pembuluh, dan lain-lain.
struktur organisasi kehidupan tingkat jaringan
4. Tingkat Organ
Organ merupakan kumpulan jaringan dengan fungsi tertentu. Contoh organ dalam tubuh manusia antara lain jantung, paru-paru, dan lambung.
struktur organisasi kehidupan tingkat organ

5. Tingkat Sistem Organ

Sistem Organ disusun oleh berbagai organ-organ yang saling berinteraksi dalam melaksanakan fungsi di dalam tubuh. Sebagai contoh, sistem  pencernaan manusia, yang terdiri dari rongga mulut, kelenjar ludah, kerongkongan, hati, lambung, pankreas, usus halus, usus besar dan anus.
struktur organisasi kehidupan tingkat sistem organ
6. Tingkat Individu
Di tingkat individu, berlangsung mekanisme kompleks yang terjadi karena koordinasi dan regulasi bermacam-macam sistem tubuh. Individu merupakan makhluk hidup yang terdiri atas berbagai sistem organ.
struktur organisasi kehidupan tingkat individu
7. Tingkat Populasi
Kumpulan individu yang berada pada waktu dan tempat yang sama disebut populasi. Di lingkungan sekitar kita terdapat bermacam-macam populasi misalnya populasi rumput, populasi pohon kelapa, populasi burung merpati, populasi cacing tanah, dan sebagainya.
struktur organisasi kehidupan tingkat populasi
8. Tingkat Komunitas
Kumpulan Populasi yang berada pada waktu dan tempat yang sama disebut komunitas. Misalnya komunitas padang rumput, yang terdiri dari populasi rumput, populasi belalang, populasi banteng, populasi zebra, populasi alang-alang, dan sebagainya.
struktur organisasi kehidupan tingkat komunitas
9. Tingkat Ekosistem
Ekosistem adalah Interaksi antara populasi-populasi penyusun komunitas dengan lingkungan abiotiknya (misalnya sinar matahari, tanah, air, dan udara).
struktur organisasi kehidupan tingkat ekosistem
10. Tingkat Bioma
Kumpulan ekosistem yang melingkupi wilayah yang luas akan membentuk bioma. Pemberian nama bioma dilihat dari tumbuhan yang dominan. Misalnya bioma padang rumput karena yang dominan adalah rumput. Suatu bioma memiliki iklim tertentu sehingga terdapat terdapat tipe tumbuhan dan hewan khas yang mampu beradaptasi di lingkungan tersebut. Contoh beberapa bioma besar yang ada di bumi dari khatulistiwa sampai ke kutub adalah sebagai berikut: 
struktur organisasi kehidupan tingkat bioma

Comments

Popular posts from this blog

Cara Konversi Satuan Panjang, Massa dan Waktu + Contoh Soal dan Pembahasan

Sejarah Singkat Penemuan Elektron, Proton & Neutron Beserta Ciri-Ciri + Percobaannya Lengkap (Materi Partikel Penyusun Atom)